Langsung ke konten utama

AIR dan MANUSIA



bismillah ... :)
mungkin hanya sedikit yang saya bisa tuangkan dalam tulisan ini ,,, dan semoga bermanfaat ....
       banyak orang yang bilang "jadi orang jangan kaya air yang mengalir , mending ngalirnya ke sungai,laut atau dermaga nah kalo ngalirnya ke got gmna" ???

hmm ,,, coba deh sedikit saja kita menganalisa tentang perjalanan air ....
padahalkan akhir dari perjalanan air yang sebenernya itu kan LAUT , setelah dari laut kemudian menguap ke kali-got-danau-dermaga-sungai-LAUT(kalo prosesnya salah ,mohon maaf) karna akupun kurang tau persis perjalanan air .. 
yang aku tau yaaa, air itu akan kembali menuju tempat awal dimana dia berasal meskipun harus melewati beberapa tempat melalui proses yang luar biasa tempat terakhirnya ya laut ..
beberapa proses yang harus dilalui sang air yaitu proses dimana air harus terhambat karna sampah , terhambat karna batang  pohon , terhambat karna bebatuan , dan terhambat karna tembok(rembes yang mengakibatkan banjir) atau hambatan hambatan yang lebih dari ini , sehingga airpun akan mengalir kembali untuk mencari celah dimana dia mampu mengalir semestinya ..
dan aku mencoba untuk menyamakan antara air dan manusia ..
air dan manusia sama sama memiliki proses menuju ke tempat awal yang seharusnya ..
manusia akan mengalami proses kehidupan atau banyak juga yang menyebutnya proses pencarian jati diri ..
dari proses manusia bisa kita ambil contoh misalnya pertumbuhan manusia
 *anak anak
 *remaja
 *dewasa


saat anak anak fase dimana kita selalu ingin tahu (fase pembentukan)
             "anak kecil yang selalu mengandalkan ibunya dalam hal apapun" ,

 kemudian saat remaja kita akan mengalami proses dimana kita tidak mampu mengambil sikap terhadap hidup kita dan akan membuat kita lebih condong dengan lingkungan.
         "lingkungan baik kita akan baik dan lingkungan buruk itupun akan membuat pribadi kita buruk" 

dan terakhir adalah fase dewasa, menemukan jati diri karna di fase inilah kita dituntut untuk menentukan pilihan terhadap hidup kita .
"kita mampu mengambil sikap terhadap hidup dan resiko apa yang akan kita tentukan terhadap hidup kita"
 maka proses yang baiklah yang akan menciptakan pribadi yang baik (manusia yang baik) , 
manusia yang baik adalah manusia yang akan kembali kepada Rabbnya ..




seperti air yang akan kembali pada tempat asalnya manusiapun demikian setelah melewati perjalanan panjang dalam pencarian jati diri. manusia akan menemukan jati diri yang sebenarnya jati diri yang akan sllu ingat kepada sang pencipta ... 
 dan semoga kita semua termasuk manusia yang melakukan proses yang baik untuk menuju kepada Rabbnya ..


^^ mulai dari sekarang kita sepertinya harus banyak belajar dari air dehhh ..
 tulisan ini saya buat setelah obrolan singkat saya dengan seseorang sahabat saya , kemudian saya mencoba untuk menerjemahkannya dalam sebuah tulisan dan semoga bermanfaat,jika banyak terjadi kesalahan saya minta maaf  karna sayapun masih dalam proses pembelajaran^^ 




#PerempuanHujan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Deklarasi cinta yang berbeda

Gambar nyomot di mbah google Apa kamu pernah jatuh cinta dan rindu yang teramat pada manusia yang berlum pernah bertemu denganmu? Rasulullah pernah! Dengan cinta yang mahadahsyatnya kepada kita, manusia yang belum pernah bertemu dengannnya. Kau tahu? bahkan dalam embus napas terakhirnya yang terucap adalah kita, "Umati, umati, umati.." Tentangnya adalah ribuan kisah  perjuangan, serta pengorbanan untuk kehidupan seluruh manusia di akhirat nanti. Ah, Rasul.. bagaimana bisa aku tidak jatuh cinta padamu, pada tiap kisah yang ku baca dan pelajari, tentangmu selalu membuatku jatuh cinta berkali-kali.

Negeri Berjuta Rasa

https://www.google.co.id/search Kali ini saya akan  bicara tentang Indonesia. Sebelumnya, ijinkan saya bertanya terlebih dahulu pada kalian pembaca setia tulisan saya, apa yang kalian pikirkan jika mendengar kata Indonesia? hmm.. Kalau saya, akan  berpikir bahwa Indonesia adalah negeri berjuta rasa penuh warna-warni. hehehe Eh serius loh.. di tuisan kali ini, saya akan menceritakan  sedikit tentang warna-warni di Indonesia. Pernah gak sih berpikir atau mempertanyakan hal sederhana saat kita ada di dalam kelas. Ketika seorang guru meminta murid-muridnya untuk mengerjakan soal matematika, kebanyakan mereka akan mengarang bebas untuk mendapatkan jawabannya. Padahal untuk mendapatkan jawaban matematika, kita perlu berpikir untuk dapat jawaban yang tepat. Nah, di lain kesempatan. Ketika seorang guru memintamu menjawab soal bahasia Indonesia dengan tema mengarang bebas. Kamu justru akan berpikir keras untuk mendapatkan jawabannya. Dan ini terbukti di Indonesia. Selanjutnya. Pern

Resensi Buku Follow Aisyah Open Your Heart

Judul : Follow Aisyah Open Your Heart Penulis : Sri Wahyuti N Tebal : x, 190 Halaman ISBN : 978-602-7727-64-9 Penerbit : Citra Risalah Cetakan : I, 1435 H/2015 “Pesona seorang muslimah terpancar dari perilakunya sehari-hari. Dalam dekapan kasih sayang suami, ia menaburkan wanginya akhlak tanpa memandang materi sebagai landasan utamanya. Tetapi cinta kasihlah yang menjadikan keluarga menjadi sakinah, mawadah wa rahmah.” – (Sri Wahyuti N, 2015) Tak sedikit wanita hari ini yang  bangga atas istilah emansipasi, istilah yang digunakan untuk melepaskan diri seorang wanita dari kodratnya menjadi muslimah yang taat pada peraturan yang sudah ditetapkan dalam islam. Sekarang emansipasi dijadikan pembelaan diri untuk melakukan apapun yang ia senangi tanpa pedulikan gender, padahal dalam islam kedudukan wanita begitu dimuliakan, bahkan derajat wanita tiga tingkat lebih tinggi dari laki-laki. Namun sayang masih banyak sekali wanita yang tidak sadar betapa berharganya ia